Mengunci Dokumen Excel 2007 Agar Tidak Bisa Dicopy/Diedit

excel0Barusan saya melihat ada notifikasi adanya email masuk dan setelah saya buka ternyata ada sahabat yang berkomentar pada postingan saya sebelumnya di tulisan saya tentang “Mengunci Dokumen Word 2007 Agar Tidak Bisa Dicopy/Diedit“. Komentarnya adalah ucapan terima kasih, namun ada satu permintaannya “kalau saya gak sibuk sekalian dengan caranya mengunci dokumen di MS Excel”.

Berhubung saya lagi gak sibuk, mungkin alangkah baiknya saya membuat tulisan terkait apa yang diharapkan sahabatku tersebut. Sebenarnya mengunci dokumen di MS Word 2007 sangatlah mudah dan langkah-langkahnya pun tidak serumit di MS Word 2007.

Tulisan ini saya persembahkan untuk sahabt-sahabatku yang kebetulan belum paham langkah-langkahnya. Karena saya yakin sudah banyak yang tahu caranya dan bahkan mungkin lebih simpel dari apa yang akan saya jelaskan nanti.

Baiklah mungkin sambil membaca penjelasan saya nantinya, alangkah baiknya kita langsung mempraktekkannya aja sama-sama. Jadi sambil membaca tulisan ini, silahkan persiapkan laptop/PC Anda. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama : Buka program/aplikasi MS Excel 2007 (Bagi pengguna MS Excel 2010 mungkin tidak jau berbeda).

Kedua : Klik pada menu “Review“, selanjutnya klik pada tulisan “Protect Sheet” pada sub menu “Changes“, seperti gambar berikut :

excel1

Ketiga : Selanjutnya akan tampil kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan password, seperti gambar berikut. Masukkan password selanjutnya Enter atau klik “OK” untuk melanjutkan. (usahakan pasword bisa diingat). Anda tidak perlu mencentang pilihan-pilihan yang ada dalam kotak. Contoh jika Anda mencentang di tulisan “Insert Columns” berarti nantinya sheet yang Anda protect tersebut masih bisa diutak-atik dengan menambahkan beberapa kolom walaupun sudah tidak bisa menambahkan text. Jadi sebaiknya cukup 2 point aja yg sudah tercentang secara otomatis.🙂

excel2Keempat : Selanjutnya akan tampil kotak dialog berikutnya seperti gambar dibawah. Masukkan kembali password yang sudah Anda masukkan sebelumnya dan tekan Enter atau Klik “OK” untuk melanjutkan.

excel3Selamat Anda sudah berhasil mengunci dokumen MS Excel dan orang lain atau bahkan Anda sendiri tidak akan bisa mengcopy ataupun mengeditnya kecuali Anda harus membukanya kembali.

Jika ada yang mencoba menambahkan text, mengcopy atau mengedit akan muncul peringatan seperti gambar berikut :

excel4

========================================================================

Nah, sekalian nih saya jelaskan bagaimana agar dokumen yang sudah diprotect tadi bisa dibuka kembali. Langkah-langkahnya seperti berikut :

1. Masih pada menu “Review“, silahkan klik pada tulisan “Unprotect Sheet” yang ada pada sub menu “Change” seperti gambar berikut :

excel52. Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti gambar berikut. Masukkan pasword yang sebelumnya Anda gunakan untuk memprotect. Jika Anda lupa, Anda akan sulit membukanya.

excel63. Selamat, sheet pada MS Excel yang sebelumnya terprotect sudah bisa Anda edit kembali.

Sampai disini dulu tulisan saya kali ini mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya. Jangan lupa juga membaca tulisan saya sebelumnya tentang bagaimana “Mengunci Dokumen Word 2007 Agar Tidak Bisa Dicopy/Diedit

Wassalam. (AF)

About Aldy Forester

an office employee who fails to become programmers

Posted on Desember 14, 2014, in komputer, Microsoft, pengetahuan, Tutorial and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. Alhamdulillah.. terima kasih infonya.. kalok filenya bentuk power point atau pdf bagaimana cara memproteknya?

    • Cara yang dapat dilakukan untuk memproteksi file PowerPoint agar tidak bisa sembarangan dibuka, dicopy, diedit, dirubah atau bahkan dihapus orang lain tanpa software tambahan apapun, yaitu:
      1. Memproteksi menggunakan password
      2. Menyimpan presentasi sebagai dokumen PDF
      3. Menyimpan presentasi sebagai gambar dan menyatukannya kembali ke dalam slide Anda.

  2. Tanya bang,
    kalau cara membuat password berpola atau agar file tersebut jika dicopy ke komputer lain akan meminta password yang berbeda.
    itu kayakmana caranya bang?

    • Fitur yg ada di MS Word kayaknya blm ada yg kayak gitu.
      Tapi dgn cara diatas, insya Allah sdh aman kok.
      Kalau mau pasword yg berlapis, file yg sdh diprotect tsb di kompress lagi menjadi file RAR. File RAR tsb juga diberikan pasword lagi.
      Jadi ada 2 tahapan yg harus dilalui untuk bisa mengakses file tsb dan semuanya harus memasukkan sandi/pasword yg kita buat.

  3. Saya sudah coba, namun setelah dicopy koq masih bisa diedit ya ??? Mohon solusinya Gan ???

    • Coba diulangi dan ikuti tahap2 yg sy tulis diatas. Seharusnya file yg sdh diprotect tsb gak akan bisa diedit lagi.
      Walaupun filenya dipindahkan ke laptop/PC lain, tetap tdk akan bisa di copas.
      Memang ada beberapa pilihan yaitu, tergantung mau pilih yg mana yaitu :
      – masih bisa dicopy tapi tdk bisa diedit,
      – tdk bisa dicopas sama sekali,
      – tidak bisa dicopas dan jika coba diedit akan berubah warna tulisan menjadi merah dgn garis tengah (strikethrough)
      – tidak bisa dicopas dan jika coba mengklik halaman berikutnya maka akan kembali ke halaman paling atas.

  4. aku mau copy sheet di salah satu file exel,,sheet yg lain bisa dicopy,tapi sheet yang pertama waktu di copy ada peringatan selection is too large??bisanya copy paste special value..padahal saya ingin semua dengan rumus2 yg sdh ada. bagaimana cara mengcopynya??

    • Yg mau dicopy sheetnya atau data dalam sheet tsb? Kalau mau copy sheet berikut caranya.
      Klik kanan di nama sheet trus klik move or copy sheet. Centang “Create a copy”. Pada kolom “Before sheet” pilih letak sheet hasil copy nantinya. Lali klik OK. Nanti akan muncul sheet baru yg isinya sama dengan isi sheet yg dicopy tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

We Found Wonderful

Photography - Travel - Arts - Reflections

Little Wolf

Art Blog of Maryanna Hoggatt

@pmarca Says

Marc Andreessen's Tweets in Blog Form

Aldy Forester

I want to be a true forester

Aldy Forester Blog

Tawaqal, Ikhlas, Pasrah

Catatan Si Aldy

Indahnya Berbagi

DeRie Berbagi..

Just Share Everything..

%d blogger menyukai ini: