Cara Mudah Menggunakan WhatsApp di Laptop/PC

whatsapp_0Assalamu alaikum…selamat pagi sahabat blogger dimana saja.

Lama gak pernah nulis nih kayaknya. Mumpung waktu libur, saya coba iseng-iseng nulis ini. Mungkin tulisan ini sudah banyak pendahulunya, tapi saya hanya sekedar menambah daftar tulisan di blog saya, biar sewaktu-waktu saya bisa baca kembali di blog saya.

Oya….tulisan ini berawal dari teman saya yang kebetulan pengen dikirimi beberapa foto melalui WA. Nah, foto-fotonya masih tersimpan di laptop dan jumlahnya cukup banyak. Lagipula dia pengen dikirimi semuanya.

Setelah saya pikir-pikir, butuh waktu agak lama juga kalau harus mindahin terlebih dahulu foto2 tersebut ke smartphone baru kemudian dikirim melalui WA di hp saya. Cuapeek pastinya….🙂

Saya jadi ingat kalau saya pernah membaca di mbah Gugel, bahwa WhatsApp bisa dijalankan melalui browser di laptop/PC. Jadi sekalian aja saya praktekkan dan saya posting aja di blog saya.🙂

Oya….bagi yang belum tahu dan pengen tahu caranya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini :

Langkah Pertama :

Buka browser di laptop/PC Anda. (pada saat saya praktekkan, saya menggunakan Baidu Browser, tapi bisa juga dicoba di Firefox, Chrome atau Opera). Jika di Baidu Browser versi terakhir, akan lebih memudahkan kita, karena update terbaru sudah langsung terpasang Extension WhatsApp dan bisa dilihat iconnya di bagian atas sebelah kanan browser Baidu Anda, seperti pada gambar berikut :

whatsapp_1

Langkah Kedua :

Silahkan klik icon WhatsApp tersebut, dan nanti akan terbuka halaman baru di https://web.whatsapp.com/. Bagi yang browsernya belum memiliki WhatsApp Extension, Anda bisa langsung mengetik url diatas di browser Anda atau silahkan klik url diatas. Tunggu beberapa saat dan halaman awalnya akan tampil QR Code pada seperti gambar berikut :

whatsapp_2

Langkah Ketiga :

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone/HP Anda. Kemudian buka di Menu > WhatsApp Web seperti pada gambar berikut ini :

whatsapp_3

Langkah Keempat :

Lakukan Scan QR Code dengan cara mengarahkan camera hp Anda ke QR Code yang ada di layar laptop/PC Anda seperti pada gambar berikut :

whatsapp_4

Langkah Kelima :

Jika berhasil melakukan Scan, maka otomatis akan terbuka halaman awal akun WhatsApp Anda di laptop/PC. Sekarang Anda sudah bisa melakukan chat, mengirim gambar/video atau langsung mengambil gambar dengan camera laptop Anda. Gambar/video yang Anda akan kirim dapat langsung Anda cari di tempat penyimpanan dalam laptop/PC Anda.

whatsapp_5

Yang perlu diingat :

  • Pastikan HP Anda tetap terkoneksi dengan internet begitupula dengan laptop/PC Anda pada saat Anda sedang menggunakan WhatsApp tersebut.
  • Jika koneksi internet di HP terputus, maka Anda tidak akan bisa melakukan chat melalui WhatsApp yang ada di laptop/PC.
  • Setiap chat yang Anda tulis melalui laptop/PC, dengan sendirinya akan muncul juga di chat WhatsApp di HP Anda (dengan syarat koneksi internet di HP tetap jalan).

Okey….selamat mencoba dan semoga membantu.🙂

Wassalam (AF)

About Aldy Forester

an office employee who fails to become programmers

Posted on November 8, 2015, in Internet, komputer, Media Sosial, Smartphone and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

We Found Wonderful

Photography - Travel - Arts - Reflections

Little Wolf

Art Blog of Maryanna Hoggatt

@pmarca Says

Marc Andreessen's Tweets in Blog Form

Aldy Forester

I want to be a true forester

Aldy Forester Blog

Tawaqal, Ikhlas, Pasrah

Catatan Si Aldy

Indahnya Berbagi

DeRie Berbagi..

Just Share Everything..

